Rabu, 11 Januari 2012

Perbedaan Sekolah Nasional, Sekolah Asing, Sekolah Internasional, Sekolah Berperspektif Internasional, Sekolah Nasional Plus


Di masyarakat sering kali ada beberapa pertanyaan dan kebingungan dalam melihat status atau kategori sekolah, bahkan ada yang sempat keliru menyebut kategori sekolah. Alhasil setelah memasukkan ananda ke sekolah tersebut, ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Bahkan ada yang tidak sadar (tidak tahu ) bahwa telah salah memilih sekolah. Oleh karena itu Mazjadul mencoba memberikan referensi tentang kategori sekolah agar Anda bisa menentukan kira-kira sekolah kategori apa yang sesuai dengan keinginan. Berikut ini adalah beberapa kategori sekolah yaitu :
  1. Sekolah Nasional : Adalah sekolah yang didirikan oleh pemerintah/ lembaga swasta yang berstandardisasi nasional setempat meliputi ijin, kurikulum, guru atau pengelola, siswa serta materi pembelajarannya aware/sadar akan lingkungan setempat.
  2.  Sekolah Asing : merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan kurikulum, standar pendidikan dari negara lain, dimana siswanya dapat berasal dari negara asal ataupun negara setempat (sekolah nasional negara tertentu yang diterapkan/berada di negara lainnya).
  3. Sekolah Internasional : merrupakan sekolah yang dikelola dengan standar pelayanan dan manajemen internasional serta berkurikulum internasional (kurikulum yang dibuat suatu lembaga dan diterapkan diberbagai negara) yang aware/ sadar pada perbedaan aneka budaya dunia, lingkungan yang majemuk.  
  4. Sekolah Berperspektif Internasional : adalah sekolah nasional yang menerapkan prinsip-prinsip pendidikan internasional dalam proses pembelajarannya/ belajar mengajarnya. Prinsip yang digunakan adalah yang dipakai UNESCO, meliputi learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together.
  5. Sekolah Nasional Plus : adalah sekolah yang menggunakan kurikulumIndonesia yang diperkaya dengan kurikulum lain (kurikulum nasional negara lain) atau konsep lain atauparadigm-paradigma yang secara kualifikasi diakui secara nasional atau internasional. Maka jika ada sekolah nasional plus dan berparadigma internasional, bisa disebut sebagai sekolah national berprespektif internasional.
Nah itulah tadi beberapa kategori sekolah yang bisa anda pilih. Kira-kira kategori mana yang sesuai dengan harapan anda sekalian. Jika ada beberapa definisi yang slah mohon bantuan masukan dan koreksinya. terima kasih.

Sumber : dari berbagai sumber di internet 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar